Jadi… Nike Cortez Forrest Gump XLV ini ori apa fake sih???

1594

2017 lalu, Nike merayakan anniversary ke-45 tahun dirilisnya Cortez 72 “Forrest Gump” dengan merilis ulang sneaker tersebut dan banyak dikenal khalayak dengan berbagai sebutan dan embel-embel, pokoknya yang mengandung kata-kata seperti: Nike Classic Cortez OG/Forrest Gump White/Varsity Royal-Varsity Red XLV/45th Anniversary/Birthday Edition/XLV SE. Tergantung kreativitas seller.

Ngapain ngebahas sneaker keluaran 2017? Well, ini karena sekitar 2-3 bulan terakhir banyak muncul lagi nih. Kenapa baru muncul sekarang? Kenapa begini? Kenapa begitu?

Pembuka

tl;dr ALERT: bisa di-skip ke segmen berikutnya.
Belakangan ini bahasannya kontroversial semua ya. Lama-lama bootlegculture ganti nama aja lah ke Lambe Sneakers. Ada yang mau modalin bc buat bikin channel YouTube ga? Biar kalo curhat-curhat gini di yutup aja gitu.

Nike Cortez Forrest Gump ini salah satu sneaker yang masuk wishlist bc sebelum negara api menyerang. Iya memang ndeso, baru sempat nonton film Forrest Gump (1994) sekitar 1,5 tahun lalu dan langsung naksir sepatunya. Akhirnya ya mirip-mirip Fila Disruptor, masuk wishlist tapi akhirnya gak jadi beli karena udah banyak banget yang make. Sampai akhirnya keinginan untuk beli memuncak lagi sekitar 3 bulan terakhir (karena banyak olshop yang ngeracuni).

Thank God karena lagi miskin, jadi gak beli-beli, dan di IST pada share ilmu kaya gini sebelum khilaf beli. Ya mungkin gatau kapan bisa jadi bc beli nih sepatu, tapi yang pasti ori dong. Kalo perlu dapat bonus tanda tangan dari Tom Hanks langsung.

t hanks a lot tom hanks
pls forgive me and i hope y’all understand the reference so i don’t look that stupid

Jadi, Cortez XLV yang dijual akhir-akhir ini itu ori atau fake?

Kalau Cortez XLV incaran kamu, seller (dan barang dagangan)nya punya ciri-ciri seperti ini:

  • Kisaran harga: 800 ribuan hingga 1 juta
  • BNIB full set (sampe ke happy anniversary card juga ada)
  • Size banyak tersedia (36-44) sampe kadang half size juga ada
  • Gak pake real pic alias foto/video dari Google

Atau penampakannya seperti ini:

Bisa jadi itu fake.

Side-by-side comparison ori vs. fake

Persamaan: Bahan sama-sama tumbled leather aka material kulit jeruk; insole (sepertinya) sama

Swoosh

Original:
Swoosh gak terlalu mepet ke bawah
Garis biru di midsole panjangnya melebihi swoosh merah

Midsole

KW:
Midsole terlalu tinggi

Heel

Fake Cortez XLV “made in Indonesia” kutil

Kalo anak IST nyebutnya ada daging tumbuh atau kutil. Perhatiin aja bagian yang dilingkari yak!

Box

Trus gimana biar bisa dapat XLV yang asli?

  1. Jangan mudah tergiur barang limited plus harga murah. Sungguh kombinasi yang langka soalnya.
  2. “Wah made in Indonesia nih pasti ori, kan pabrik Nike ada di Indo.” “Wah art code tembus berarti ori”.
    NO. JANGAN TERPAKU PADA MADE IN DAN ART CODE. BERLAKU UNTUK SEMUA SEPATU.
  3. Toko trusted (bahkan yang sudah direkomendasi influencer lain atau di postingan ini) gak jamin. bc dan member IST lain pernah liat di IG ada seller pemain lama yang jual XLV “made in Indonesia” ini juga. Entah ga paham ato gimana.
  4. Beli di retailer resmi. Ada yang berhasil beli di salah satu outlet Our Daily Dose (Grand Indonesia) dengan harga sekitar Rp1,2 juta. Ada juga yang beli di ODD pas sale, sekitar Rp900 ribu.
  5. Kalopun beli di olshop-olshop IG misal, minta real pic sedetail mungkin (yang sopan yaa jangan kaya preman hehehehehe). Ya resiko dijutekin seller bahkan diblock, tapi seller yang jualan ori harusnya bakal ngejabanin sih.
  6. Lebih teliti.
  7. Lebih teliti.
  8. Lebih teliti.

Atau bisa juga gini, kalo kepengen banget Cortez Forrest Gump, bisa beli versi yang biasa alias yang bukan XLV. 2nd atau bnwb ya gpp daripada terjebak bnib full set tapi zonk 🙁

bc gak nggiring opini ya. Semoga bermanfaat, tetap bijak, dan peace out!

DISCLAIMER ON! Post ini bisa jadi merupakan salah satu informasi yang sensitif. Pastikan menyambangi laman Disclaimer terlebih dahulu sebelum membuat keributan. Trims.