Cara agar BOOST kembali putih bersih

2
416

BOOST. Foam technology inovatif dari adidas (konon beli lisensi dari NASA) yang mencuri perhatian terutama 2015 lalu. Yang paling beken tentu saja UltraBOOST. Dibuat untuk meningkatkan performa pelari saat memakai running shoes, ternyata series Boost jadi sangat populer di luar pangsa pasar para pelari: fitness, fashion, sneaker, dan lifestyle. Bukan hal yang aneh kalo kita liat orang pake UB di mall misalnya. Boost memang teknologi sole yang changing the game: super ena.

Di balik kenyamanan dan performa supernya, midsole yang kata emakku terlihat murahan karena seperti terbuat dari gabus/styrofoam ini, GAMPANG BANGET KOTOR DAN YELLOWING alias menguning (kalo boost-nya warna putih ya). Bahkan dicuci pakai shoe cleaner juga sulit banget balik putih lagi. Solusinya diapakan dong biar midsole boost kembali putih bersih?

*lah tumben preambule panjang juga*

Ada 2 cara yang paling sering digunakan: repaint alias dicat ulang, dan dispidolin. Ndeso banget ya bahasanya, maaf. Kalau cat ulang warna putih (biasanya pakai cat merek Angelus) bisa saja, tapi biasanya juga kalo mau dijual lagi, harga sepatunya bakal turun jauh dari harga pasar. Selain itu, dengan cat ulang juga ada resiko retak/crack pada boost, alias cat-nya kurang bisa nyatu dengan boost. Meski belakangan ini sudah minim banget yang crack.

Mari kita coba dengan solusi kedua yakni dispidolin. Ada gaes yang namanya midsole marker. Gunanya ya buat bikin boost jadi putih bersih lagi. Ya karena konsepnya marker alias spidol, bikin boost jadi putih ya tetap pake tinta/cat juga. Hanya saja lebih khusus buat boost gitu jadi hampir gak ada problem crack.

Berikut bc beri beberapa rekomendasi midsole marker yang bagus menurut warganet. Jujur bc sendiri punya satu marker, tapi belum sempat coba karena boost-ku belum menguning hehe.

SNEAKERS ER

58.8k Followers
Follow

Karena bukan brand lokal, kalo mau beli ya lewat distributor atau olshop yang jual di Indo (salah satunya @footprints.id). Di marketplace banyak kok. Harganya berkisar mulai Rp250.000 hingga Rp500.000 tergantung tipenya. Di web resminya sih tersedia sampai 30 warna ya, tapi kalau yang masuk Indo biasanya cuma putih dan hitam. Warna-warna nyeleneh kaya pink gitu juga ada nih, jadi bisa untuk custom juga, ga sekadar “kembali ke putih”. Bisa juga untuk selain boost. Recommended.

RATTLEWORKS

Premium Midsole Marker for Sneakers, sepertinya brand lokal ini. Terakhir kepo, tersedia dalam warna putih dan hitam. Bisa beli lewat marketplace ijo. Harga per marker Rp189.000. Satu marker bisa untuk 4-5 pasang sepatu, tapi tergantung pemakaian juga sih.

SHNBRGHT.ID

Buat yang low budget nih. Rp45.000 saja bisa untuk 1-2 pasang sepatu. Bahan yang digunakan klaimnya sama dengan midsole pen impor, yakni cat acrylic. Sejauh ini, berdasarkan uji coba yang mereka lakukan, ketahanan oke dan tidak crack. Bisa untuk seluruh midsole berbahan rubber, termasuk BOOST, EVA sole, dan lainnya.


Ada saran yang lain biar midsole boost kembali seperti baru? 😀

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here