Sepatu lama dan sudah tidak dipakai, enaknya diapakan ya?

Kadang, tanpa disadari, kita punya sepatu yang udah semakin jarang dipakai dari hari ke hari, sampai kasus ekstrimnya kita lupa kalo pernah punya sepatu itu. Dibuang sayang. Disimpan terus lama-lama menuh-menuhin atau jadi beban. Jadi enaknya digimanain nih yang kaya begini? Bootlegculture ada beberapa tips terkait dengan ‘menyingkirkan’ sepatu yang sudah tidak terpakai.

1. Donasi sepatu

Untuk sepatu yang sudah sering dipakai (beater) tapi masih bagus alias layak pakai, opsi yang paling mudah (kelihatannya) sih didonasikan ke organisasi non profit atau di penampung-penampung donasi. Tapi, ke mana? Kalau donasi berupa uang sih gampang ya banyak yang nampung. Kalau berupa barang, terlebih lagi sepatu, gampang-gampang susah.

Kalau di luar negeri sih ada yang gampang, seperti Goodwill dan Salvation Army. Tinggal drop off aja. Ya cari yang mirip-mirip gini aja di sekitarmu. Bootlegculture punya sedikit pencerahan, alias berbagi pengalaman mendonasikan sepatu, barangkali minat.

Kamu juga bisa mendonasikannya untuk campaign yang lebih spesifik. Kalau yang ini sih usahakan kondisi sepatunya gak malu-maluin lah ya (contoh: sobek, bau kaki banget). Jangan lupa kalo mau ngedrop, jadiin satu antara sepatu kiri dan kanannya ya (bisa dengan ditali bareng) biar gak ilang sebelah.

soles4souls
Jadi pengen bikin… pic via Soles4Souls

Contoh campaigner di luar negeri yang nerima sepatu (bisa coba kunjungi untuk info lebih lanjut, atau sekadar inspirasi): Soles4SoulsPick Up PleaseDonate Your Old ShoesShoe4Africa.org, One World Running, dan banyak lagi.

Saya akhir-akhir ini nemu beberapa campaign untuk menyediakan sepatu untuk yang membutuhkan, tapi ya gitu. Donasi yang diperlukan masih berupa uang (untuk dibelikan sepatu). Semoga ke depannya banyak yang bikin langsung dalam bentuk barang aja ya.

Atau kalau kamu orangnya gak awkward kaya saya, coba aja strolling hingga beberapa kilometer dari tempat kamu sekarang, terus kalo ketemu orang yang sekiranya membutuhkan, ya kasihin aja. Bisa itu tukang becak, pengamen, tukang bersih-bersih, dll.

2. Dijual

Opsi ini terlihat simpel, tapi bagi saya sih easier said than done. Perlu effort, tapi hasilnya memang sesuai sih. Kamu bisa jual sepatumu di platform global seperti eBay, Goat, StockX, Grailed, atau yang lain.

Kalau platform yang lokal sih ya lewat marketplace juga bisa. Marketplace biasa macam Tokopedia, Bukalapak, Shopee maupun yang khusus thrifting seperti Carousell dan Prelo juga oke.

Kalau sepatu kamu kondisinya beneran oke dan termasuk item yang sekiranya gampang laku, ya jual di consignment store aja seperti Kick Avenue kalo lokalan. Eh singgung-singgung consignment gini jadi teringat kalo masih punya utang ngelist toko consign yang recommended hehehe

3. Daur ulang

Buka Pinterest untuk inspirasi. Sepatumu yang sudah lama tidak terpakai bisa kamu daur ulang jadi pot hingga wadah-wadah lucu. Di US dan beberapa negara lain sih enak, ada Nike Better World dan Earth911 sebagai contohnya, yang bersedia mendaur ulang sepatu lamamu jadi banyak kegunaan lain.


Silakan lho kalo ada ide lain!