Cara mencegah sol sepatu dari yellowing

0
111

Sebenarnya judulnya agak clickbait. Kenapa? Karena yellowing pada sol sepatu/sneakers sejatinya tidak dapat dihindari, hampir pasti semua sepatu bakal yellowing atau menguning seiring berjalannya waktu. Hanya saja, bisa diminimalisir kemunculannya dengan tips yang dibagikan oleh Shoes and Care berikut ini.

Sebelum itu, tau gak penyebab yellowing pada sepatu tuh kenapa? Yellowing sendiri terjadi karena adanya reaksi oksidasi. Oksidasi itu apa? Mengingat ini bukan blog sains jadi tolong googling sendiri aja ya hehe maaf.

Yellowing pada sepatu sendiri PASTI akan terjadi jika kamu pakai, yang membedakan hanyalah cepat atau lambat apakah sepatumu akan kena yellowing, bagaimana kamu merawat sepatu tersebut.

Ya udah, ga usah dipakai aja sepatunya.

Salah bro, mau dipakai mau tidak, yellowing akan tetap terjadi. Seperti yang tadi sudah dibilang, yang membedakan hanyalah waktunya. Cepat atau lambat sepatu pasti kena yellowing.

Disimpan di dalam box juga dapat menyebabkan yellowing, karena kelembaban di dalam box akan tinggi kalau sepatu kelamaan di dalam box.

Tips biar gak cepet yellowing nya dan gak kentara banget yellowing nya:

  • Kalo kena air, langsung elap. Kalo gak dilap, yellowing akan lebih cepat
  • Kalo abis cuci sepatu, JANGAN DIJEMUR DIBAWAH SINAR MATAHARI. Selain dapat merusak sepatumu, itu bisa ngebuat reaksi oksidasi lebih cepat, karena reaksi oksidasi butuh sinar UV dan air.
  • Kalo mau disimpan di box, kasih silica gel, maksimal 4 aja, karena silica gel bersifat nyerap air, kalo kebanyakan nanti malah berjamur.

Oh ya caranya gimana menyimpan sepatu tapi biar tidak berjamur dan yellowing kira-kira ada ide menyimpannya dimana dan gimana?

Simpan di suhu ruangan (contoh: kamar).

Udah terlanjur yellow? Bawa ke shoe care langganan terdekat saja yang menyediakan jasa unyellowing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here