Cara membersihkan sneakers (Converse) putih

2602
(Last Updated On: 13/01/2018)

Setidaknya bagi BC, ada perasaan puas banget saat beli sepasang sneakers putih baru. Perasaan itu hilang sesaat ketika sneakers putih bersih kita mulai ternodai. Nenek-nenek aja paham lah ya kalau sepatu putih itu gampang banget kotor. Bagaikan magnet terhadap debu dan kotoran, sepatu warna putih merupakan salah satu fashion item yang sulit banget dirawat agar senantiasa terlihat seperti baru, tidak memungkiri kalau sepatu putih sudah jadi wardrobe staple. Setidaknya bagi BC 😛

Salah satunya adalah Converse Chuck Taylor (harga orinya berkisar Rp650.000), sepasang sneakers klasik yang tak lekang oleh waktu. Tenang saja, BC dapat cara cepat dan mudah untuk membersihkan sepatu Converse putih, sneakers old-school favorit kamu akan kembali seperti baru dengan cepat.

Btw, membersihkan di sini konteksnya mencuci ya. Jadi basah-basahan gitu, tidak sekadar melap sepatu dengan lap kering.

Converse Chuck Taylor Hi White

Berikut empat langkah mudah untuk membersihkan sepatu (Converse) warna putih.

1Menyiapkan larutan pembersih

Material utama dari sepatu ini adalah kanvas, yang artinya si Converse putih akan mudah dibersihkan dengan berbagai macam pembersih kain/bahan. Punya waktu lebih, ingin berkreasi, dan malas beli cairan pembersih sepatu? DIY aja, bahan-bahan larutannya gak susah dicari kok:

Cukup campur dua gelas air hangat dengan dua sendok teh deterjen untuk laundry (shampoo atau sabun cuci piring juga bisa sih, satu colekan aja) dalam sebuah mangkok, baskom, ato wadah apa aja deh terserah. Untuk membersihkan tali sepatumu, sediakan wadah yang lebih kecil dan rendam tali sepatu dalam cairan pembersih yang sama sembari kamu mengucek, eh, membersihkan sepatumu.

Update: Kabarnya deterjen kurang bagus untuk bersihin upper sepatu, kalau untuk midsole dan outsole masih oke. Namun, BC saat ini masih pake deterjen, karena kalau shampoo kemahalan #pelit dan sabun cuci piring nanti dimarahin emak.

2Gosok gosok gosok

Apakah kamu hendak menghilangkan bekas menginjak rumput/tanah, kotoran, atau yang lainnya, kuncinya ada di seberapa kuat dan alat penggosok sepatunya. Ambil sikat (atau semacam lap piring tapi yang permukaannya kasar) dan mulailah bekerja.

Secara berkala, celupkan sikat di dalam wadah kedua yang isinya air bersih (tidak mengandung sabun) jadi biar tetap bersih. Untuk membersihkan sol sepatu yang berbahan dasar karet, cari dan gunakan sikat gigi lama karena lebih efektif untuk membersihkan semua kotoran yang terselip di bagian-bagian sol.

3Lap sepatumu

Dengan menggunakan lap yang bersih dan basah, bilaslah sneakers kamu, mirip kegiatan seka lah. Tahap ini akan membantu membersihkan sepatu dari kotoran yang mungkin masih tersisa dan residu dari cairan pembersih.

Jika sudah, jejali sepatumu dengan koran kering. Ini akan membantu sneakers tetap pada bentuknya dan menyerap kelembapan berlebih.

4Atau, cara membersihkan sepatu yang lebih mudah

Ada dua cara tambahan yang bisa kamu coba untuk membersihkan Converse putihmu bagi kamu-kamu yang tidak punya waktu, kesabaran, atau malas lah pokoknya.

Pertama, cucilah sneakers Converse putih kamu di dalam mesin cuci. Untuk metode ini, triknya adalah mencuci Chucks kamu dalam mesin cuci dengan putaran rendah dan tali sepatu dilepas, menggunakan sekitar setengah cup deterjen.

Kedua, dengan metode alat pencuci piring yang mirip dengan sebelumnya. Kalau kamu punya alatnya tapi lho pastinya. Letakkan sneakers kamu yang sudah dicopot talinya secara terbalik di rak paling atas alat pencuci piring dan nyalakan proses pencucian. Just in case, jangan dicampur sama nyuci hal-hal lain lho.

Untuk kedua metode di atas, biarkan sepatu mengering sendirinya (diangin-anginkan), tetap disertai koran-koran yang dijejali di dalam untuk menjaga bentuk asli sepatu. Kenapa ini penting? Karena dalam banyak kasus, setelah dicuci, sepatu jadi kehilangan bentuk aslinya yang gagah, jadi lemas alias letoy #TrueStoryBro.

Selamat mempraktekkan!

Bonus: bukti foto sebelum dan sesudah~

Eh, masih males juga? Ya dah, cuciin aja ke jasa pencucian sepatu kesayangan di kotamu. Kalau ada rejeki berlebih ya pilih deep cleaning, namun bukan berarti ga boleh pilih fast cleaning kok.