Cara membedakan jersey timnas (2014) original & kw

2140

Kali ini BC bakal ngebahas tentang jersey Timnas Indonesia musim 14/18 yang masih beredar di pasar per-jersey-an Indonesia sampai dengan sekarang.

Yang bakal dibahas adalah perbedaan jersey timnas Indonesia musim 14/18 yang di release secara official oleh Nike dengan jersey Timnas Indonesia 14/18 KW atau sering disebut sebagai Grade Ori.

Postingan ini dibuat bertujuan untuk memberikan informasi tentang perbedaan antara jersey yang original / official dari Nike dengan yang KW / non original.

Case study kali ini menggunakan sampel jersey tim nasional Indonesia untuk tahun 2014-2018. Kalo kalian sedang mencari bahasan untuk jersey timnas yang baru (2018), ada di postingan yang itu. Apakah postingan ini bisa dijadikan acuan untuk tim nasional negara lain (Prancis, Kroasia, dll.)? Kurang lebih bisa, asalkan apparel-nya sama-sama Nike dan Made in Indonesia.

Selingan aja ini, gara-gara Kroasia dan Prancis masuk final kemaren, ada yang jualan jersey KW/grade ori seharga Rp3 juta. Dikasih embel-embel limited edition pula. Kejar setoran naik haji dah sellernya.

Black tab

jersey timnas indonesia ori vs kw black tab

Dimulai dengan melihat perbedaan dengan Nike Authentic Black-tab.

Kiri : KW

Pada Black-tab jersey KW tidak terdapat tahun musim jersey tersebut diluncurkan (release) pertama kali. Tidak terdapat benang hologram silver dibawah tulisan Authentic. Dan tidak terdapat nomor seri Black-tab.

Black tab yang seperti ini biasanya untuk jersey teamwear.

Kanan : Original by Nike

Pada jersey original terdapat tahun release jersey, benang hologram silver yang melintang di bawah tulisan Authentic dan terdapat kode angka Black-tab. Apabila kalian punya lensa macro bisa melihat detil pada hologram silver tersebut bentuk swoosh nike.

Tag/Label

jersey timnas indonesia ori vs kw label tag

Perbedaan selanjutnya kita akan membandingkan Tag Label.

Kiri : Jersey KW / Non Original 

Baju terlihat berukuran XL (Extra Large) namun label pada kertas berwarna biru, yang seharusnya berwarna hijau untuk ukuran XL. Pada kertas tag juga tidak terdapat sepesifikasi ukuran baju tersebut, yang seharusnya ada pada kertas tag tersebut. Yang cukup mengejutkan ada pada nomor artikel pakaian atau jersey sama dengan nomor artikel jersey original Nike Indonesia Home 14/18. Dan terpampang juga nama perusahaan pembuat jersey. Para pembuat jersey KW sekarang sudah mulai menyamakan nomor artikel jersey KW dengan jersey original-nya. Meski ada beberapa bagian yang masih terlewat detilnya.

Kanan : Jersey original Nike 

Terdapat keterangan ukuran baju pada kertas tag, size XL dan tag kertas pada label berwarna hijau. Nomor artikel pakaian dan perusahaan pembuat jersey juga terpampang jelas.

Warna Label pada tag kertas jersey Nike dibedakan berdasarkan ukuran baju.
Size S : berwarna Kuning
Size M : berwarna Biru Muda
Size L : berwarna Merah
Size XL : berwarna Hijau
Size XXL ke atas atau one size : berwarna Putih.

Kerah dan jahitan

jersey timnas indonesia ori vs kw

Perbedaan secara fisik pada bagian kerah dan kerapian jahitan.

Kiri : Jersey KW / Non Original.

Pada jersey KW kalo kita perhatikan di bagian jahitan kerah, nampak jahitan yang melintang secara horizontal sangat tidak rapi dan terkesan amburadul. Kerah hijau pada bagian terluar juga bermaterialkan sama dengan bahan jersey. Untuk bagian kerah seharusnya bermaterialkan kain yang elastis. Pada bagian ujung V-neck berwarna putih juga terdapat jahitan yang kurang rapi dan presisi, kain terlipat dan tidak rapi.

Kanan : Jersey Original Nike.

Jersey Original Nike terlihat sangat rapi dan presisi pada setiap bagian yang kita bandingkan dengan jersey KW di atas. Dari mulai bagian dalam kerah, material kerah yang berwarna hijau, hingga detil dan bentuk jahitan pada bagian V-neck kerah yang berwarna putih.


Semoga dapat membantu gaes. Peace out!

DISCLAIMER ON! Post ini bisa jadi merupakan salah satu informasi yang sensitif. Pastikan menyambangi laman Disclaimer terlebih dahulu sebelum membuat keributan. Trims.