Japan Appendix/Souvenir Magazine=Fake?

6
1196

Saya berusaha ga panjang-panjang nulis pembahasan kali ini, karena ini cuma prolog dari artikel-artikel selanjutnya. Sebagian besar berupa opini. (edit: gagal, akhirnya bacot panjang, mohon maaf) intinya kalo ada yang malesin, skip aja bacanya 🙏🏽

Setahunan terakhir kan marak banget tuh beredar produk-produk brand streetwear luar yang lebih murah daripada rata-rata brand tersebut. Bape, Stussy, Vans, Mastermind Japan adalah yang paling banyak. Produknya sendiri kebanyakan tas dan aksesoris, dengan kisaran harga Rp200.000-Rp500.000. Sudah merasa familiar? Hehe. Kalau belum, ini nih contohnya. Influencer juga banyak yang pake.

Bape Bodybag Japan Appendix Magazine

Waktu awal keluar, saya tertarik. Kapan lagi punya Bape 300K ye kan. Bahkan karena waktu itu masih belum ada yang bikin ready stock, saya sampe bela-belain PO.

Tapi akhirnya saya minta refund HAHAHA. Soalnya datengnya telat sebulan lebih. Kelamaan dan sudah gak minat lagi. Terlebih katanya si seller bakal nyetok 1000pcs untuk tiap barang. Bisa-bisa kembaran sama mamang cilok nanti akutu (anaknya memang sombong).

Apa itu barang Japan Appendix Magazine?

Jadi ada beberapa majalah di Jepang sana…. hmm sebagai contoh saya bahas majalah yang paling sering bikin appendix ya. Nama majalahnya Smart. Nah untuk menarik minat orang biar beli Smart Magazine, si Smart ngasih bonus yang dinamain appendix.

Kalo di Indonesia, saya pernah ngerasain langsung itu bertahun-tahun yang lalu beli majalah HighEnd Teen trus bonus pouch. Atau beli majalah Bobo dapet bonus tas serut. Ya bonusnya itu namanya appendix.

Lanjut deh saya sekalian pake contoh ya biar lebih nendang. Untuk edisi Smart Magazine terbaru (saat nulis ini) itu untuk Januari 2019. Berikut penampakan cover majalahnya:

smart jan 2019

Kita bisa lihat bersama kalo appendix untuk edisi kali ini adalah waist bag Kappa. Kebetulan ini kolaborasi pertama Kappa dengan Smart.

kappa waistbag appendix

Nah, dengan membeli majalah Smart seharga ¥980 atau sekitar Rp130.000 kita juga bisa dapet waistbag Kappa yang kece di atas. Murah bukann. Ya murah kalo anda-anda tinggal di Jepang. Kalo sama ongkir ke Indo ya tau deh jadi berapa.

Jadi kata kuncinya ada di kolaborasi. Collab antara majalah dengan brand. Nah yang produksi waistbag/appendix/bonusan-nya siapa? Ya gak tau. Tergantung kesepakatan kolaborasi mereka.

Setelah saya cari tahu lebih lanjut (udah kontak orang Smart tapi belom dibales, saya akan kontak lagi next time tapi belajar Bahasa Jepang dulu hehe) lewat berbagai sumber, saya menyimpulkan bahwa barang appendix yang resmi ini biasanya diproduksi oleh pihak majalah dengan pengawasan brand. Bisa saja pihak majalah pesan barang polosan dari China agar hemat ongkos, kemudian disablon dengan logo brand kolaborasi. Tapi sudah izin alias legal, namanya saja kolaborasi resmi. Jadi sah-sah saja.

Ini juga yang (barangkali) bisa sedikit mencerahkan kenapa kebanyakan barang Japan Appendix Magazine tulisannya Made in China. Padahal judulnya aja Jepang, tapi made in China. Ya gitulah ya pokoknya, baik yang ori maupun kw biasanya sama-sama buatan China.

Udah ya, semoga jelas tentang pengertian Japan Appendix ini.

Update! Ngebahas sedikit tentang Japan Appendix Magazine yang original

Yayy karena akhirnya caperku dinotice oleh senpai dari Nippon pada pertengahan Januari 2019 ini, maka saya mau ngasih tambahan sotoy serba serbi Japan appendix yang memang official dan legal/licensed.

Appendix ini harusnya memang not that big of a deal (yang bikin hype di Indo aja yang ngejadiin ini big deal). Appendix ya cuma gift aja, umumnya ada 2 tipe. Bunko dan E-mook.

Bunko itu majalah yang ngadain kerja sama dengan pihak brand dan kemudian memproduksi gift atas dasar lisensi yang diberikan brand tersebut. Biasanya, gift dari bunko gak ada tag-nya.

bunko appendix
contoh bunko

Kalau E-mook, yang ngeluarin ya dari si brand itu sendiri. Biasanya (lagi), gift dari E-mook pakai tag.

e mook appendix
contoh e-mook

Untuk E-Mook, qualitynya agak lebih bagus dari yang bunko dan ada beberapa E-Mook ga pake tag juga.

Kenapa menurut saya barang Japan Appendix Magazine (JAM) yang banyak beredar saat ini itu KW?

Barang-barang JAM yang beredar tidak disertai majalahnya.

Saya tahu sebagian besar seller dapet barang dari mana. Kalo gak Taobao ya Aliexpress atau ecommerce Negeri Panda lainnya. Jualnya grosir gitu deh mereka, dan JAM only alias (sekali lagi) tanpa majalahnya.

Kebanyakan JAM yang beredar di olshop-olshop Indo itu JAM edisi lama. 2012, 2013, 2014, 2015, 2016 paling banyak. Logika geblek saya sih begini, kan pihak majalah ga mungkin melakukan restock ya. Masa iya majalah yang terbitnya setiap bulan terus-menerus produksi ulang cetakan-cetakan lama? Ya sesekali gpp deh masih bisa dimaklumi, untuk edisi spesial atau apa gitu. Tapi masa tiap edisi direstock? Ain’t nobody got time for that, palingan juga redaksi pada hectic mikirin deadline untuk terbitan selanjutnya.

Terlebih kalo sudah bertahun-tahun yang lalu, lagian mereka kan majalah. Bukan brand streetwear. Tugasnya ya bikin majalah. Kecuali majalah yang juga jadi brand fashion seperti Thrasher Magazine itu beda cerita.

Terus bagaimana bisa appendix 2013 dst tiba-tiba membludak peredarannya di Indonesia pada 2018? Siapa yang produksi?

Contoh nih, ini duffle bag Bape hasil appendix/bonusan dari majalah A Bathing Ape edisi Summer 2013. Ya, Bape (dulu) ngeluarin majalah juga. Japan Market doang tapi.

bape duffle bag japan appendix magz 2013

Ada juga skenario/logika begini. Bisa saja pabrik resminya memproduksi ulang karena banyaknya permintaan. Ada pertanyaan lanjut nih dari saya, itu pabriknya sudah izin belum sama pihak majalah dan pihak brand yang diajak kolaborasi oleh majalah?

Silakan saja kalo menurut agan ini ori, karena pabriknya sama. Persepsi orang beda-beda.

Sekali lagi, ini pendapat saya. Beda pendapat boleh, saya juga gak ngejudge seller ataupun buyer appendix kok.

Menurut saya, yang bikin originalitasnya appendix abu-abu ini karena sejak awal juga bukan produk resmi dari sebuah brand tersebut. Produk resmi di sini maksud saya itu produk yang dimasukin di katalog/lookbook resmi per season mereka.

Tujuan si majalah juga cuma ngasih bonusan yang menarik, makanya mereka kolab sama brand-brand ternama. Kan kalo cuma ngasih polosan doang kurang menarik gaes, ye kan? Kualitasnya juga menurut saya gak menggambarkan kualitas si brand tersebut (bahasa kasar: cenderung lebih jelek).

Gimana caranya bedain barang Japan Appendix Magazine yang kw dengan ori?

Yang ini nanti saya kasih di postingan terpisah aja ya, yang tentunya bukan saya langsung yang buat, melainkan orang lain yang sudah lebih sering pegang barang appendix. Pokoknya nanti di postingan-postingan tersebut, keputusan akhir tetap berada di tangan kalian ya itu appendix ori atau kw. Soalnya gini, yang bikin kw bukan dari China doang sekarang, ada yang pabrik lokal Indo juga bikin beginian.

Saya gak maen ginian hehe maaf

Oh ya, sedikit tips kalo mau nyoba bedain yang ori dengan kw, pertama cari tahu asal usul si appendix itu dari majalah apa dan edisi yang mana. Setelah itu cari-cari majalahnya (dalam format digital ya boleh) soalnya biasanya di majalahnya ada lookbook si appendix meskipun gak banyak. Ya jadikan gambar-gambar di majalah tadi sebagai pedoman perbandingan.

Tapi, bagaimanapun agak sulit sih emang kalau mau compare kecuali megang barang realnya 👌🏻

Terus gimana dong kalo kepingin punya barang Japan Appendix Magazine yang ori?

Ya beli majalahnya. Appendix hanya bonus. Intisarinya tuh di majalahnya hehe. Belinya gimana? Bisa beli online kok terakhir saya ngecek. Tapi belinya di web resminya aja ya ato agen. Kalo di eBay gitu memang ada kemungkinan asli sih, tapi saya parno haha apalagi kalo bukan edisi terbaru.

Atau jasa titip deh sekarang kan udah banyak berceceran jastip-jastip Jepang.

Ini juga bisa jadi ide bisnis sebenernya. Coba stok majalah+appendixnya yang edisi terbaru, tiap bulan ganti-ganti kan jadi asik gitu.

update: saya udah nemu 1 seller yang jualan majalah+appendix ya meski ga edisi terbaru, tapi senggaknya masih realistis lah (edisi rentang 2-3 bulan). sellernya sudah saya sebut di kolom komentar, tapi tetep buy at your own risk ya karena bc belom pegang barang langsung.

update 2: saya nemu lagi 1 seller yang jualan majalah dan appendix… yang paham barang. recommended. penasaran sellernya? klik gambar di bawah ya hehe

kappa smart appendix jan 2019

Agar lebih nendang, saya sudah memasukkan wishlist beli majalah yang ada bonusannya ketika saya ke Jepang nanti. Semoga terlaksana 2019.

Eh, boleh lho baca juga postingan bacot lain yang mirip-mirip ini: “BNWB=Fake?“. AYO OPEN DISKUSI GAESS

6 COMMENTS

  1. kalo di jakarta, majalah jepang ber appendix bisa beli di kinokuniya kak, kaya smart, mens non-no dll dll. kalo dulu di gunung agung jual majalah jepang gtu juga, tpi gtw sekarang

    harga sekitar 200rban wkwk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here