Cara membedakan FILA Disruptor ori & kw

Real vs. Fake: Fila Disruptor — Fila Disruptor ini bagaikan adidas Superstar-nya 2018. Kenapa begitu? Karena dari pengamatan BC, adidas Superstar (terutama yang KW) itu paling banyak dipakai cewek. BC sendiri juga cewek tapi gak pake Superstar apalagi Disruptor, simply karena selera sih. Karena hype-nya itulah (sudah dipakai banyak influencer besar: awkarin, Nissa Sabyan, dkk.), banyak banget ya ampun seller aji mumpung yang semuanya kusumpahin kena sial, karena jualan gak jujur.

BC berusaha tidak mengusik orang yang jualan KW, asal mereka jujur kalo emang jualan KW. Nah ini nggak. Sudah gitu ada kan ya postingan di IG olshopcurhat_ yang bahas Fila Disruptor KW ini, dan komen-komennya juga banyak yang sotoy. Bahkan ada yang sotoy itu seller sepatu original. Sekali lagi, BC memang bukan dewa sepatu, tapi setidaknya, setiap kali mau komen atau menuliskan sesuatu di ruang publik itu selalu kroscek dulu kek, jangan jadinya malah menyesatkan.

Intinya, semoga postingan ini bisa mencerahkan lah ya. Bagi seller, tolong lah selalu jujur dan ga menyesatkan! Soalnya kalian itu lebih dipercaya daripada kami-kami yang bacot lewat konten ini. Bagi buyer, kalo hati nurani kalian gak yakin dan ragu, jangan beli dulu! Googling dulu atau tanya ke yang sudah paham. Bisa ke influencer-influencer seperti dr.tirta di IG atau ke jasa legit check. Please. (Btw jangan ke BC yah kalo legit check, BC bisanya cuma bacot, masih belum kuat nyali kalo ngeluarin fatwa legit tidaknya suatu barang hanya lewat foto).

Berikut ini juga kurasi dari influencer-influencer, dan tentunya tambahan dari BC ya (meski cuma dikit).

Contoh Fila Disruptor yang asli

Ini beli dari store official Korea ya.

fila disruptor original

1. Tulisan fila itu ada jarak dari eyeletnya, ga mepet ke atas)
2. Jahitan rapi. Eyelet rapi
3. Heel rapi, ga ada daging lebih

fila disruptor original samping

4. Logo di tongue medium, ga gede-gede banget. Tegas dan rapi
5. Bentuk depan ga bantet amat, cenderung lancip mirip am95
6. Biasanya malah ga ada struk. Ye logika aja kalo hand carry biasanya beli langsung 12-14, masa struk kepisah2. Ya 1 struk lah zzzzz (kecuali beli satuan)

fila disruptor original belakang

7. Box ga bisa jadi patokan. Karena box kawe ama ori sama. Jadi fokus ke sepatu aja
8. Harga. Harga retail fila di korea itu 900k, belum cukai, ongkir ke indonesia dan jasa hand carry nya, di beberapa website malah harganya 1.3-1.4 belum ongkir
9. Belilah ke seller yg berani REFUND. Kalo ga berani, ya tinggalin aja. REFUND itu bentuk tanggung jawab dari seller. Kalo udah takut duluan, tinggalin. Artinya dia ga yakin resiko dagang.

fila disruptor white original

Silakan diresapi dan dibandingkan hehe. Terima kasih banyak untuk dr.tirta! Kabarnya beliau bakal bikin vlog soal ini, nanti kalau sudah up, bakal BC sertakan di mari.

Masih kurang? Ini contoh Fila Disruptor legit yang dari seller-seller lain.

Contoh Fila Disruptor yang palsu/kw/fake

Bedanya sama yang asli di mana aja hayo? Ya banyak.

Tongue

fila disruptor fake

Tongue berantakan, logo fila kegedean.

Eyelet

cara membedakan fila disruptor ori dengan palsu

Eyelet salah. Eyelet apaan sih? Itu lho gaes, lubang untuk tali sepatu.

Shape

Body samping kegedean.

Tag kuning

membedakan fila disruptor kw premium ori

Ada gantungan kuninng, tag fila selalu ga pake gantungan kuning-kuning gitu.

Apakah semua sepatu yang ada gantungan kuningnya selalu kw? Jawabannya adalah… TIDAK. BC punya sneakers yang disertai dengan hang tag kuning ini yang ala-ala OFF-WHITE tapi berani jamin kalau 100% Original. Ya meski bukan Fila Disruptor. Ah ini nanti dibahas nanti saja apa ya jadi postingan berbeda?

Outsole

Outsole terlalu tebal.

Reflektif

Sayangnya untuk poin yang ini, yang kw sudah reflective, sama kaya yang ori.

Sizing

Biasanya, yang tidak ori itu pilihan sizenya banyak/lengkap. 36-44 lol

Harga

Contoh Fila Disruptor yang dipajang di atas itu ngakunya ORI CHINA. Dengan range harga Rp400-600 ribu.

Pokoknya, seller yang jujur itu, kalo jastip Korea/US, harganya ya minimal Rp1 juta. Harga retail di US saja $90 lho atau kalo ngikut kurs 14.000 aja jadinya sudah kisaran Rp1,3 juta. Belum ditambah untung dikit-dikit. Yang bilang 400-600 ribu ori itu mau sedekah onlen?

Itu tadi yang Pre Order. Kalau jual yang ready stock kisaran harganya di Rp1,5 sampai Rp2,5 juta tergantung tipe Disruptor-nya.

Bukan ngejelek-jelekin marketplace tertentu ya, tapi kalo begini usahain jangan beli dari Shopee lah. Pernah BC debat seller (dan buyernya!) dan mereka ngotot dong kalo ori. Haha yaudah kuketawain saja.

Netizen: tapi ada lho yang jastip korea asli bilang beli di store ada buktinya juga. harga 800ribu.

bc:

mocking spongebob meme

Sepengamatan BC, sneakers yang ngehype di kalangan cewe itu lebih jahat daripada yang di kalangan cowo. Karena yang jual aji mumpung lebih banyak. Yang awalnya ga jual sepatu, jadi ikutan jual. Awalnya ga paham sama sekali soal Fila, ikut-ikutan jual biar bisa kebagian cuan, bahkan dibela-belain dropship. Ga gini mainnya woy!

Seller ga jujur ke laut aje sono!

Contoh Fila Disruptor keluaran 1,5 tahun lalu

fila disruptor black sideviewfront

Beli dari fila.com sebelum Disruptor meledak seperti sekarang. Nah yang ini made in China.

fila disruptor black sideview

Yang ini, agak beda di penulisan fila nya, yang mepet eyelet dikit, tapi rapi jahitannya.

Nah dugaan dr.tirta, barang kawe kawe itu pake mock up fila yang ini pada awalnya.

Side-by-side comparison Fila Disruptor Original Korea vs. fake PK China (yang belakangan ngaku dari Korea juga)

Di foto, yang sebelah kanan itu yang ori ya. Biar bisa buat perbandingan dan judge by pic saja bedanya apa aja. Soalnya kalo dari segi struk dll. sudah sama dan lebih gampang dipalsuin, jadinya ya fokus ke perbedaannya saja.

Overall shape

fila disruptor fake vs real

Lihat di outsole, eyelet, bordiran logo, banyak sih bedanya kalo rajin mantengin ehe. Berikut zooming eyeletnya (dan view dari atas).

fila disruptor fake vs real eyelet

Insole

fila disruptor fake vs real insole

Back heel

fila disruptor fake vs real logo

Box

fila disruptor fake vs box

Good luck!


Bootlegculture memohon maaf atas penyampaian dalam postingan ini yang sarat akan emosi. Sudah tidak terbendung, iseng mendata seller fila disruptor yang tidak jujur saja sejauh ini sudah ada 20+.

Bonus (untuk mengademkan suasana): berbagai varian Fila Disruptor.

fila disruptor colors
Pilih yang mana?

55 COMMENTS

  1. Itu klo bagian dalamnya kaya apa ya yg asli? Yg biasanya tempat size dan originnya? Btw itu klo asli bagian tapaknya itu persegi panjang gitu ya? Berarti klo yg kaya logo fila itu udh fix palsu?

    • – oke, nanti segera BC tambahin perbedaan info di tongue tag-nya (kalo nemu/ada bedanya)
      – di insole, yang asli memang logo fila+teks dengan background persegi panjang.
      – sejauh ini sih iya, yang di insole hanya logo fila saja berarti palsu. tapi ga menutup kemungkinan kalo produksi batch berikutnya, Fila mengubah desain pada insole mereka

  2. https://uploads.disquscdn.com/images/e69e007ed1fed54cb98ddad758dd3a376b6e77f2c0e01377b6d10f99afa0c244.jpg Baru saja pertengahan Juli kemarin beli fila disruptor II, logo dalam insole adalah logo F tanpa tulisan fila. Kurang bisa ditentukan sih kalo dari logo, karena fila disruptor memang ada yang for korea market sama ada yang international market dimana yang saya beli langsung di store sg adalah produksi fila china dan harganya jauh lebih mahal daripada fila korea SGD 265

  3. gw beli di korea titip sama temen yg tinggal di sana. nyari sizenya cuuyyy sulit. kaki gw 44, susah milih warna. alhasil beli yg white white. yg diatas ciri2nya udh bener semua. dan emg ngga dapet struk karena beli banyak jadi struk cuma 1 di penjual, dan dia berani ganti kalo pesenan salah anter.

  4. Admin bs rekomen gk beli fila asli online dmn? Pengen beli online soalnya kota saya kecil makasih min ❤️

  5. Kalau kotak yang ada birunya itu berarti kw ya ? Biasanya kalau kotak biru kw made in mna ya ?
    Kecewa bgt belinya padahal 1jutaan tp ternyata bukan ori 🙁

    • Iya biasanya kalo yang fake China yang ngakunya ori kebanyakan kotaknya warna biru trus di bagian kotak ada tulisan china gak jelas gtu trus kotaknya lebih kecil ya

  6. Thanks for your information.
    btw kalau informasi diatas akuran, fila ku original.
    sekedar info dan cerita, aku beli sepatu fila nya di app olshop jd.id (yg selogannya dijamin Ori itu) harga belinya 1,2jt
    Seller nya global nama storenya fila (mungkin store resminya?!). lihat diulasan dia jelasin kalau sepatu made in Vietnam or China, tapi pengiriman dari korea.
    Dan bener pas sampai barangnya detail pengiriman, dikirim dari Seoul.
    cuma masih agak ragu sih sama “made in Vietnam” nya huhu..
    Kalo boleh minta info lebih lengkap perihal keraguan ku ini ya min.. Thanks

    • Assalamualaikum. .InshaAlloh origimal mbk..karena di korea memang made in nya kebanyakan dr Vietnam.krn saya lngsung beli di store fila ny langsung made in jg vietnam.untuk harga 69.000₩ klu di rupiahkan kisaran 900k-1000k

    • gw beli disrutor di counter korea. kalo counter korea itu fila nya made in vietnam, karena produksi sana emg dikhusukan impor ke korea, yg made in china, biasanya produksi untuk jual ke negara selain korea, biasanya amrik, australi.
      jadi kalo made in nya tulisan KOR bisa dibilang palsu, karena pabrik satu negara jarang di jual di negara yg sama.

    • baru seminggu beli, beli di jd.id fila store made in vietnam beli 1,2 disruptor II ini ori apa kw yah, abis liat postingan ini saya jdi ragu, makasih

      • Di tagnya ada assembled in korea , kalo ada kemungkinan 100% original ,kalo vietnam aja patut di curigai soalnya saya juga pernah beli banyak titipan teman dapat Vietnam doang dan stitched in vietnam assembled in korea dari bahan ada yang berbeda setelah saya cek kalo yang ada assembled in korea itu bagian lidah sepatu yang di bagian antara tali sepatunya itu lebih lembut empuk gitu ,sedangkan yang vietnam doang itu bagian lidah sepatunya lebih keras padat gitu terus lemnya berlepotan , kalo beli di JD.ID gak bisa refund dana lagi terus gak dapat Receiptnya , kirimnya sih iya dari Korea tapi bukan berarti di korea gak ada yang palsu kan ,ini hanya pengalaman saya saja ya karena saya pernah beli ini sepatu dis 2 ini di jd.id di kecewakan dapat sepatu sebelah beda made in lagi minta kembalikan gak bisa karena produk import , oh iya packing jd.id untuk sepatu ini plastik pink ya tau karena dlu beli di tempat yang sama bro kapok sekarang mau beli di online shop yang tidak bisa langsung berkomunikasi sama si penjual dan pengirim kalo mau beli di Hagu aja jaminan produk 100% original berani refund dana tidak apa harga lebih mahal sedikit dari pada beli murah taunya fake kan malu pakenya hahahahah kalo di Hagu asli dari korea karena belinya di filanya langsung jadi lebih jelas asal usulnya heheheh

  7. Cara cek ori itu yang paling kelihatan itu logo (F) yang ada di depan sepatunya kalo berwarna itu yang di jual dengan harga 500 sampai 700 san berarti fake terus dari bentuk si sepatunya kalo yang fakenya itu bagian depan bentuknya panjang dan bulat gede gitu kalo yang original bentuk depan lancip kecil trus dari bahan juga biasanya kalo yang fake bahannya keras dan jika di tekan menggunakan jari bahannya tidak mengkerut kalo yang ori kalo di ekan lembut dan berkerut ,terus kelengkapan yang di dapat biasanya yang ori ada extra tali sepatunya ya kalo yang fake gak dapat paling dapat kaos kaki biasanya hahahah ,tapi jangan salah ya sekarang yang fakenya kelengkapannya sekarang lebih banyak dapat paperbag juga loh jadi kelengkapan yang di dapat sekarang tidak dapat di bedakan hampir 99% mengikuti produk originalnya point yang penting itu ya dari bentuk, bahan, logo F berwarna or putih polos

  8. Hai semua ini saya mau kasi contoh2 perbedaan sepatu Fila disruptor 2 ori or fake , perhatikan baik2 ya guys awas jangan salah beli nihhhh mesti cermat ayo kita mulai aja ya ,point 1 dari bentuk si sepatunya cek di gambar , point 2 dari Logo ( F ) bagian depan kalo yang original mau yang China, Vietnam, dan assembled in korea semua bagian logo itu selalu berwarna putih selain putih kemungkinan 100% itu Fake tapi bukan beraarti yang logo F warna itu Fake sih biasanya yang warna itu hanya di jual di bagian negara2 Barat/Euro gak mungkin juga bisa masuk ke indo dan di jual dengan harga IDR.500 sampai 1jta sedangkan harga di sana lebih mahal jika masuk ke indo harga bisa di atas 2 jutaan dan gak mungkin banget di jual dengan harga di bawah itu namanya orang jualan cari untung bukan cari rugi gak masuk akal aja . Lanjut… ,point 3 dari bagian dalam sepatu kalo yang ori mau yang China,vietnam,assembled korea semuanya sama Tulisan Fila memanjang ke dalam sepatu yng di lingkari Tag garis biru itu karena Fila asia 1 produksi gak mungkin beda2 kecuali yang Seri Euro/Barat cek gambar , point 4 Bordiran belakang tulisan FILA kalo yang ori kelihatan besar fix ,rapi adem di liatin pokoknya dan kalo yang fakenya aduhhhh kelihatan banget ancurnya cek gambar , point 5 yang paling penting di setiap sepatu yang ori bagian kanan sepatu selalu ada Tag F di bagian dalam dan jika di balik akan terlihat Barcode itulah yang menandakan fila anda Original sedangkan yang Fake dari jenis ini itu tidak terdapat seperti logo F an barcode tersebut cek gambar biar lebih jelas , point 6 untuk Fila Original yang di korea bagian Tag made in dan ukurannya seperti di gambar yang sudah saya sertakan boleh di lihat ,biasanya yang Fake yang ngakunya ori korea itu biasanya Tagnya terdapat KOR doang… Cek gambar sudah saya sertakan awas jangan salah beli ya guysss… Jangan lihat TAGnya KOR langsung begitu yakin bahwa itu original buatan korea , pengalaman pribadi saya dari keluaran pertama sampai sekarang setau saya Fila korea tidak pernah menggunakan TAG ( KOR ) tersebut. Cek gambar aja, point terakhir kalo untuk fila yang original selalu dan pasti akan mendapatan tali cadangan sepatu kalo yang fake tidak mendapatkan tali cadangan yang di dapat hanyalah kaos kaki https://uploads.disquscdn.com/images/d1eeba071ed2348706bb01c3f0e9803ccd24497f7152a60473e3047206b311c1.jpg https://uploads.disquscdn.com/images/c217d3711ccbd678b8beb466b3f571bc525079daf1c020278a683a3e22ac1846.jpg https://uploads.disquscdn.com/images/6cc948e5ab31a00389aff05d79367fc48217977b883426280b5e23b6a965c85d.jpg https://uploads.disquscdn.com/images/15e4c8f835705b94905eb966d0f1d349ca850cdf70fee959c645f3ca15439d5a.jpg https://uploads.disquscdn.com/images/a9dba59e83dbe0dd1c20b6d4a7dc7a7bc964e7104e63432f5b76306e4001a5ba.jpg https://uploads.disquscdn.com/images/dd1fd380fdc0e66f7a70d4739c7ecf249493ad333634a1fb6b16f06691b555ad.jpg https://uploads.disquscdn.com/images/c15490ad6dbc72eafc373ac94c017026c03eb3c361a1aeca7b205de67d7dfe0c.jpg https://uploads.disquscdn.com/images/574e53fdb3f9666fc37727586a261fd412dd2cd4b37beb1dcf385e354a4ee709.jpg https://uploads.disquscdn.com/images/b6918c20bff0a359ae06e82dc7a7c1aa2ab2c4fadec0b8d41bbf53029a3705ab.jpg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here