Disclaimer

Gampangannya, disclaimer ini berisi poin-poin yang menolak tubir alias keributan terjadi di bootlegculture tercinta ini.

Disclaimer terkait seri postingan “cara membedakan”

  1. Guide yang disediakan gak selalu update dengan keadaan sekarang. Fakers gonna fake. Mereka juga bakal terus improve kualitas sepatu fake mereka. Kalau sudah begini, ya kalau beli di toko resminya atau reseller yang trusted aja.
  2. Biasanya, yang dibandingkan hanya satu jenis produk saja. Sementara di banyak kasus, satu jenis produk tadi punya banyak sodara. Nah itu BC juga ga bisa jamin cara membedakannya juga sama ya.
  3. Ngasih pedoman untuk legit check begini sebenernya bak dua mata pisau. Di satu sisi, bisa bermanfaat bagi kita para pemakai/pembeli/penjual biar gak gampang dikadalin barang kw. Di sisi lain, kalo ada produsen sepatu kw yang baca postingan tersebut, bisa jadi dijadikan pedoman untuk produksi sepatu kw yang semakin mirip dengan aslinya.
    Tapi meski si produsen terus improve, semoga mereka senantiasa jujur dan gak ngaku-ngaku kalo yang dijual itu asli.
    Serba salah.
  4. Semua perbandingan dilakukan oleh kreator lain selain bootlegculture, kecuali disebutkan terpisah bahwa konten tersebut adalah hasil riset mandiri bootlegculture. Hal ini dilakukan saat ini karena adanya keterbatasan materi, namun masih ingin berbagi dalam keterbatasan. Apabila ditemukan informasi yang kurang tepat mengenai komparasi tersebut, diharap diinformasikan pada kami melalui komentar/surel agar dapat direvisi.

Disclaimer terkait seri postingan “direktori/rekomendasi”

  1. Rekomendasi toko/outlet/apapun yang diberikan sudah melalui tahap uji coba serta validitas pada saat dibuatnya post.
    Pernah ada kejadian nih salah satu toko online yang direkomendasikan, waktu BC bikin daftarnya (katakanlah agustus 2017) itu trusted banget. Eh ternyata di desember 2017 ada yang komen kalau ternyata toko tersebut gak ngirim barang pesenan atau bermasalah lainnya. Nah untuk ini tanggung jawab sepenuhnya ada pada toko, bukan pada BC.
    Karena BC gak mungkin ngecek satu per satu rekomendasi yang kami berikan. Ngecekin kabar terbarunya tiap hari. Ngecekin updatenya. Stalking postingannya. BC bisa jadi gelandangan nanti kalo cuma stalking gitu doang kerjanya 🙁 🙁 Itulah kenapa BC butuh kalian yang sharing di kolom komentar!
  2. Untuk mendukung poin (1), BC menambahkan sedikit. Kasus lain yang ditemukan saat dilakukan pembaruan laman ini (september 2018) adalah ada toko online yang semua barang yang dijual, selama bertahun-tahun (termasuk seller lama) semua original. Tapi, entah demi cuan, atau memang kurang teliti, ada 1-2 barang yang tidak 100% ori tapi sangat sangat sangat mirip dengan yang asli. Nah ini juga BC mohon maaf tidak bisa setiap saat memantau setiap barang yang dijual oleh toko online yang direkomendasikan/disebut oleh BC.
  3. BC tidak di-endorse oleh siapapun yang ada di seri postingan direktori/rekomendasi.
    Kalaupun ada yang khilaf ngendorse, pasti BC beri keterangan agar tetap seobjektif mungkin.