Cara membedakan Champion original & kw

7206

Bahasan kali ini adalah membedah ciri-ciri hoodie, sweater, kaos merek Champion yang original (asli) dan kw (palsu). Hoodie (dan apparel lain) Champion yang seri apa? Hmm… campur-campur sih, secara general dulu ajah kali ya… ✌️

Ciri-ciri hoodie Champion kw

Ciri-ciri Champion fake paling mudah dipahami:

  1. Salah font, pakai font logo untuk Europe Market padahal tag-tagnya untuk Japan Market (japmar). Bisa dilihat dimananya? Bedanya ada di huruf “P” yang besar.
  2. Bahan hoodienya juga beda, khususnya untuk yang abu-abu misty. Kalau di gambar sih abu misty tapi salur misty-nya itu gelap banget jadi gak ngeblend sama abu-abu warna dasarnya. Kalau sering lihat kaos atau apparel lain warna abu misty pasti tahu lah ya standarnya kaya gimana. Untuk ini, kalian bisa cek detail di Google, dengan cara tulis kode ‘C3-J117’ dan bandingkan dengan barang yang kalian punya.

Beberapa faktor-faktor yang bisa dipentelengin kalo untuk hoodie: tag size, tag wash, jahitan tag, hand logo c, sama font script nya (kalo hoodienya script logo).

Lebih jelasnya cek gambar (+penjelasan) di bawah ini aja ya. Kalo kurang gede silakan dizoom sendiri ampunn.

ciri ciri champion fake

Contoh hoodie Champion fake

Dari logotype-nya (font yang dipakai di Big Script Logo).

hoodie champion fake

Dari logo ‘C’ di tangan.

hoodie champion fake hand logo c

Jahitan pada tag.

hoodie champion fake tag

Kerapihan jahitan.

hoodie champion fake jahitan

Wash tag.

hoodie champion fake wash tag

Perbandingan sweater Champion original dan kw

Juga beredar yang namanya ‘Champion CMT’ di mana pembuatan tidak dilakukan oleh pabrik official Champion, jadi detail-detailnya banyak yang ngaco, ada yang bilang kalo seri ini auto fake hehe. Oke ini beberapa ciri-cirinya:

  1. Pemasangan/jahitan tag ngawur: ga rapi, ga presisi.
  2. Hand logo ‘c’ tidak rapi, warna terlalu terang.
  3. Untuk seri di bawah (Champion crewneck/sweater/sweatshirt bordir big script) sepengetahuan sih ga ada warna full white, yang ada hanya putih misty dan abu misty.
  4. Karet/rib lengan kw lebih soft, sedangkan yang ori jenisnya yang lebih kelihatan garis-garis karetnya.
  5. Tata letak tag yang tidak presisi (terlalu ke atas, ke bawah, atau miring) serta jahitan tag yang ngawur.
  6. Coba cek kode pada wash tag, yang muncul di Google biasanya bakal beda (ya karena ga official).
  7. (tambahan dari BC) jenis bahan juga udah beda sih.

Berikut gambar pembandingnya.

Ori

Kw

Champion mirror 1:1 / perfect version / blablablabbbbbbacoot 🙄🙄

Seri: hoodie Champion big script logo.

  1. Jadi champion ini diproduksi di salah satu web yang memang memproduksi barang-barang fake best quality atau mirror bahkan hoodie script ini kalo dilihat lebih bagus mirornya daripada aslinya wkwkwk tapi fake ya tetap fake.
  2. Lihat pict hoodie script itu ada label. Tepat di kantung yang tulisannya champion usa nah champion resmi atau ori tidak pernah memasang label di kantung yang bentuknya seperti itu.
  3. Bagian pergelangan tangan/karet lengan pendek (lihat pict) yang ori tidak sependek itu.
  4. Champion ori atau resmi bordiran tidak ada yang timbul setebal itu dan tebal karena isi bordiran itu seperti karet jadi bordiran hanya menutupi karet tersebut dan bordiran ini tidak rapi jika dilihat dari dekat terdapat jahitan yang melompat-lompat.
  5. Untuk tag tidak ada tag champion ori yang bentuk dan gambarnya seperti itu.
  6. untuk bordiran hand logo C cukup rapih namun klo dilihat dari dekat dan diperhatikan baik-baik tidak serapih yang ori.

Seri: hoodie Champion big C logo.

  1. Tag Champion asli ga ada yang kayak gini.
  2. Karet/rib lengan pendek banget.
  3. Hand logo juga bisa sih jadi patokan tapi kadang2 yg miror ini beda jenis juga beda hand logonya.

Cara membedakan hoodie Champion original & kw

membedakan hoodie champion ori kw

Cara membedakan kaos (dan apparel lain) Champion Heritage original & kw

Untuk Champion Heritage, pantengin banget di tag dan hand logo ‘c’ nya ya.

fake champion heritage champion heritage ori

Tambahan

Istilah-istilah yang biasa disebut

BC males-malesan sih bikin ini. Dan sebenarnya masing-masing istilah bisa jadi bahan postingan sendiri, kalau dijabarin semua di sini panjang dan bisa keluar dari topik. Kalau males nungguin bahasan dari BC (yang gak tau terealisasi kapan) sementara bisa Googling sendiri ya hehe peace. Bagaimanapun, BC selalu open discussion dan sharing dari kalian-kalian (ngemeng aja capek bikin konten).

  • Kanibalan
    Pake contoh aja ya. Misalnya nih ada seller nakal, dapet Champion tag cut/reject, terus dia jahitin sendiri tuh tagnya.
  • CMT adalah Cut, Make, Trim. Khusus hype-hype begini biasanya digeser dari arti aslinya untuk keperluan cuan.
  • Jaspo adalah Association of Japan Sporting Goods. Mohon maaf kalo ngehe banget kasih taunya.

Pertanyaan yang biasa terlontar

  • Champion CMT sudah pasti KW?

“jadi ini tuh barang cmt yang mana barang ini tidak dibuat dan diselesaikan oleh pabrik champion resminya atau official hanya bahan2 dari pabrik champion buangan atau tidak terpakai yang dibeli oleh oknum(orang luar) untuk memperoleh keuntungan lalu dibuat oleh dia sendiri yang cuma orang biasa ga ahli ga tau apa2 jadi detail2nya banyak yg ngawur, banyak yang salah, banyak yang beda dgn orinya atau kesimpulannya asal jadi.”

  • Champion yang tag-nya JASPO sudah pasti KW?

Ga pasti.

  • Lantas, Champion yang benar-benar original resmi itu harga berapaan sih? Kasih price list dong semuanya, dari item-itemnya hoodie kaos dll terus klasifikasi lain kaya made in mana, market mana dll.

Ini beneran ada yang nanya gini gaes, cuman nanyanya di medsos ga komen dimari. Jawaban BC: ogah banget ngelist semuanya. Bisa jadi 1 postingan panjang lainnya. Buka web online retailer dan main-main ke offline store Champion kan bisa noh.

  • Hmm galak banget nanti pembaca lo kabur semua lho. Terus apa aja alamat web online retailer?

*nangis darah*
champion.com (yang sekarang info harganya sudah ada dalam IDR!)
ASOS, Urban Outfitters, dll
Yang retailer Indo, salah satunya bobobobo.com


Semua edukasi di atas kan sumbernya campur-campur. Nah kalo pendapat BC sendiri gimana? Gak seperti Fila Disruptor yang BC gak punya, Champion ini punya kok, jadi selain hobi pegang-pegang dan tanya-tanya, juga bisa lebih relate. Jadi ini ada tambahan dan wejangan dari BC ya. Tapi tetep yaa jangan minta legit check ke BC, share-diskusi ajah ayuk bareng-bareng.

  • Lagi-lagi mirip seperti Fila Disruptor, banyak seller aji mumpung yang ikutan jualan barang dan merek hype. Champion termasuk salah satunya. BC nemu juga lho toko yang untuk merek lain 100% original, tapi giliran Champion Heritage punya mereka KW. Kan miris ya, demi cuan. Tapi karena BC bukan website blacklist, jadi gabisa bocorin nama tokonya di sini. Yang jelas, sebelum kalian beli Champion APAPUN SELAIN DI OUTLET/TOKO ONLINE RESMINYA, cek dulu sedetil mungkin real pic yang mereka punya.
  • Kalo hoodie kan cek font dsb ya. Kalo kaos, biasanya BC malah gak perhatiin detil-detil tag, sablon, dll dulu. Kebiasaan aja sih karena pernah handle konveksi/garmen (halah show off) jadi ngecek kerapian jahitan dan biasanya nih, di bagian rib kerah kaos itu kelihatan kalo yang kw-tapi-ngaku-ori jelek.
  • Punya budget lebih? Beli baru dan di retailer resmi. Bedanya ga jauh-jauh amat kok.

DISCLAIMER ON! Post ini bisa jadi merupakan salah satu informasi yang sensitif. Pastikan menyambangi laman Disclaimer terlebih dahulu sebelum membuat keributan. Trims.