Cara membedakan Vans Old Skool classic ori & kw

Setelah jalan-jalan di blog sendiri, lho ternyata belum ada ya postingan yang bahas cek legit Vans Old Skool classic global market. Ada sih, hanya saja cuma sekilas. Baiklah, karena ini sepatu sejuta umat dan jadi salah satu yang populer di antara pengunjung bootlegculture, marilah kita bahas.

Editor’s note: Kalau ngikutin blog busuk ini, bisa lah mencium kalau bc bukan Vanshead, malah kadang sensi sama Vans tanpa alasan yang jelas, alias bias/tidak netral. Tapi tetap berusaha memberikan info yang tidak menyesatkan kok. Hanya dibumbui julid, gitu aja.

Well, pasar Vans OS (terutama BW) classic ini semakin gak karuan. Karena supply sedikit dan harga naik, jadi kualitas si replika juga mengalami peningkatan. Si replika mirror ini juga banyak diaku oleh olshop-olshop sebagai OS BW ori. Sayangnya, cek legit kali ini tidak melibatkan perbandingan OS ori dengan OS BW mirror replika, tapi OS kw super/premium. Sampel yang digunakan di sini juga bukan OS BW (untuk yang ori), tapi OS warna lain, yang penting sama-sama classic. ✌️

Upper

vans oldskool classic ori kw upper

Pada bagian tongue, lane jahitan KW sangatlah berjarak berbeda dengan yang ori tidak berjarak bahkan terkadang garis lane jahitan atas bawah sama.

Kedua, jika mau hitungan matematis pada sepatu kw tidaklah simetris antara bagian kiri dan kanan sepatu (perhatikan bagian yang ditandai), jika bagian kiri 4cm harusnya kanan pun 4cm juga sehingga bentuknya akan simetris (hitungan bentuk simetris mengukur di atas bagian tongue dari ujung karet sampai lane sebelum hole laces).

Sole

vans oldskool classic ori kw midsole

Pada bagian sole, karakter kw karet midsole akan menukik ke dalam seakan membungkus outsole waffle, sedangkan Ori hanya akan turun sedikit. Pada bagian waffle pun bentuk kw akan mengarah ke atas atau bagian depan akan mengembung sedangkan ori tidak alias lebih lurus.

Bumper

vans oldskool classic ori kw foxing

Outlane di bawah garis hitam (foxing stripe) yang paling bawah akan melingkar menyeluruh, sedangkan KW hanya akan sampai ujung bagian silahkan zoom dengan seksama.

Tag

vans oldskool classic ori kw tag

Tag dalam merupakan tempelan.

Insole

vans oldskool classic ori kw insole

Insole pada kw kebanyakan tidak tepat berada di tengah. Lihat aja tuh jadi kayak kekecilan/gak pas insolenya.

vans oldskool classic kw

Kesimpulannya, barang kw tetaplah tidak simetris dari segi rupa. Masih banyak perbedaan yang jelas, dari bau lem pun berbeda sangat menyengat dan tidak enak dihirup. Hasil check legit ini berdasarkan compare terhadap barang resmi store, dengan berbagai tipe yang sama.

FAQ, mitos, tambahan dan sudut pandang netizen.

Berasa T*r*i*b*u*n ya ngumpulin komen netizen.

1-
Menurut netizen, dari lendut dan kerapatan foxing depan, masih kategori kw super itu, pengetahuan umum tentang kw gak bakal berlaku kalau ketemu barang PK atau UA, just info.

Sedangkan jawaban dari pemilik lapak adalah cara lain bisa dengan dicium dari wanginya, btw istilahnya salah kalau PK. Karna PK itu jasa pembuat sepatu palsu dan belum pernah ada seri vans old skool bisa cek di webnya. Yang tepat itu mirror.

2-
Kalau gini gimana? Gw punya os classic global beli di [salah satu nama olshop] dan dia karakternya agak ringan, material beda, dan shape sedikit melengkung. Sedangkan sepatu gw beli sebelumnya beli di store resmi agak berat, padet dan ga melengkung shapenya.

Coba cek bentukan jahitan, dan barcode perusahaan yang import. Fungsi barcode adalah penelusur jejak barang itu untuk produssn mana jika barang resmi akan tertuju pada satu perusahaan yang mengimportnya. Scan number barcode untuk tau suplier import barang tersebut.

3-
Tambahan ciri-ciri OS kw dari netizen: yang paling menonjol dari vans kw yaitu kanan kiri beda bentuk dan tag vans yang di belakang asal asalan (tag belakang ini heel patch kali ya maksudnya)

4-
Tambahan dari segi harga nih. Kalo ada reseller yang jual os harga retail wajib dipertanyakan bro.. sekarang aja vans os retail 750k kalo ada yang jual segitu ya berarti… (ini kata netijen ya, intinya jangan ditelan mentah2 lah semua yg ada di internet)

5-
Katanya kalo disenter aja make sinar UV di label sizenya di dalam sepatu juga bisa kan? Kalo ORI itu nampak logo Vans/hologram nya? Bener gak? Infonya dong?

Jawaban dari pemilik lapak: gak semua tag yang ori ‘dilengkapi’ fitur ini masalahnya…

6-
Netizen: Sekarang gampang aja pengen ORI yang legit banget ya beli di store resmi nya tapi pertanyaannya ada gak size nya buat OS bw classic core?? Soalnya size emas udah pasti aja kosong.. nah mau beli di reseller takutnya dapet pk atau mirror yang dibilang ORI karena mungkin bisa jadi si penjual sendiri juga bingung bedain nya.. itu sumpah mirip banget sama yang asli apalagi kalo udah dipake ga keliatan sama sekali kalo engga disentuh-sentuh.. jaman semakin edan ini persepatuan…

*bc mengangguk setuju dari kejauhan*

7-
Nambahin tips… lebih baik beli di tempat agar bisa lihat sendiri barangnya langsung, kalau online gunakan jasa transaksi seperti tokopedia atau sejenisnya


Wejangan si mbah: Jangan percaya 100% sama seller. Meski reputasinya bagus, nama besar, maupun direkomendasikan influencer. Begitu juga jangan percaya 100% sama apa yang ada di internet, termasuk juga bootlegculture.

DISCLAIMER ON! Post ini bisa jadi merupakan salah satu informasi yang sensitif. Pastikan menyambangi laman Disclaimer terlebih dahulu sebelum membuat keributan. Trims.

1 COMMENT

  1. Kalau yg os japmar apa ada versi kw nya untuk skg ini di indo? Karena pernah nemu seller yg jual dibawah harga retail os global.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here