Cara membedakan Nike Sock Dart ori & kw

Sejak di-up lagi oleh Nike pada akhir 2014, Sock Dart pun banyak yang make lagi, dan banyak juga kw-nya. Nike Sock Dart memang bukan termasuk sneaker dengan harga selangit. Harga terjangkau (rata-rata di bawah sejuta, kecuali yang collab ya kaya yang sama Stone Island itu) dan sangat nyaman buat daily beater.

Tapi gak ngaruh sih, sepatu mahal atau murah semua bakal tetap ada kw nya. Berikut seuprit cara membedakan Nike Sock Dart real vs. fake pair.

1Shape

nike sock dart shape original

Sejatinya Sock Dart termasuk dalam sepatu olahraga/atletik, jadi shape-nya punya aerodinamika sedemikian rupa dan semua bagian sepatunya nyatu dengan baik. Nah, biasanya sih yang replika/kw itu sambungan/transisi antara strap, upper, dan sole nya ngaco, gak seperti yang ori kaya gambar di atas.

2Sock length

Panjang sock nya harusnya lebih panjang/over dari strap. Kalo kw biasanya ada sock yang panjangnya lebih pendek dari strap.

3Strap detail

nike sock dart white ori

Biasanya, strap dan mudguard warnanya gak sama persis dengan warna upper yang bahan knit itu. Terutama untuk colorway-colorway monokrom ya. Pola lubang-lubangnya juga kalau di real pair identik dari belakang ke depan.

4Outsole

nike sock dart insole
Bonus: contoh insole Nike Sock Dart pada real pair

Outsole nya hanya ada satu piece dan punya ujung-ujung yang alus, nyatu dengan shape sepatu secara keseluruhan. Desain geometrik outsole-nya unik dan (lumayan) susah ditiru, sehingga fake pair biasanya ujung-ujungnya lebih tajam dan gak simetris/sama.

5Sizing

Biasanya, fake pair fitnya lebih sempit. Jadi kalo misal kamu biasa pake US 9 tapi waktu nyoba US 9.5 berasa sempit, ya kamu patut curiga.

6Style code (tag)

nike sock dart style code tag

Lumayan banyak kw-an yang style code di tag sepatunya masih ngaco. Semua produk Nike disertai dengan kode nomor 9 digit unik yang menandakan produk dan colorway spesifik. Kode ini bisa ditemukan pada boks sepatu dan tag di dalam sepatu, keduanya harus match.

Kalau kodenya udah sama antara di box dan tag, coba Google kodenya. Kalo hasil yang muncul banyak tipe sepatu dan colorway beda-beda, ada kemungkinan pair kamu gak authentic.

7Box

nike sock dart nikelab box

Kebanyakan rilisan Sock Dart setelah 2016 dikeluarin oleh NikeLab, yang artinya kamu bakal dapet box warna putih, bukan orange seperti biasanya. Kalau ada embel-embel replacement box atau bnwb atau yang serupa gitu bc kurang paham lagi deh, angkat tangan, karena harus dipastiin berulang kali asal mulanya dari mana 🙁

8Harga

Ya selain hal yang sudah jelas, seperti seller yang memang jujur jual fake (premium/replika 1:1 biasanya bahasa pasar yang dipakai) dengan harga 200-400 ribuan… Kalau kamu nemu model yang udah sold out atau rilis lama atau collab tapi harga di bawah retail dan kondisi gres, patut dicurigai.

Akhir kata, cmiiw (terutama di segmen box) dan semoga bermanfaat.

Wejangan si mbah: Jangan percaya 100% sama seller. Meski reputasinya bagus, nama besar, maupun direkomendasikan influencer. Begitu juga jangan percaya 100% sama apa yang ada di internet, termasuk juga bootlegculture.

DISCLAIMER ON! Post ini bisa jadi merupakan salah satu informasi yang sensitif. Pastikan menyambangi laman Disclaimer terlebih dahulu sebelum membuat keributan. Trims.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here