Cara membedakan Nike Flyknit Racer ori & kw

Hampir mirip dengan sodaranya yang udah dibahas di fake education sebelumnya (Nike Flyknit Trainer), pamornya Nike Flyknit Racer (selanjutnya disebut Racers) udah gak hype-hype amat, tapi gak sampe berhenti produksi kok. Penjualan masih stabil di toko-toko retail. Ya karena emang ena buat aktivitas sehari-hari terlebih buat olahraga ringan.

Seperti biasa, komparasi ini hanyalah salah satu dari sekian banyak jenis fake Racers yang beredar di luaran sana.

Box

Kotak sepatu Racers bisa jadi faktor penting yang bisa ngebedain Racers fake dengan real.

Bahan dus

nike flyknit racer ori kw box

Hampir semua box Racers original selalu memiliki matte finish. Sejauh ini, Saints Singapore (toko retail yang bikin fake edu ini) belum pernah nemu Racers ori yang punya box dengan glossy finish. Jadi kalo ada box Racers yang glossy, bisa jadi itu petunjuk awal kalo Racers nya fake.

Label size pada box

nike flyknit racer ori kw box label

Font pada dus sepatu Nike Flyknit Racer itu mirip-mirip Helvetica lah ya (maaf belum nemu nama font yang tepat) dan bisa jadi ngebedain dengan yang fake jadi susah-susah gampang. Solusi sementara ya mantengin foto perbandingan di atas aja ato kalo masih kurang jelas ya googling lagi foto box Racers ori. Fonts dan spacing juga harus konsisten.

Tag size

nike flyknit racer ori kw size tag

Dibandingkan dengan waktu bahas Trainers, tag size pada Racers ori dan kw lebih sulit dibedakan. Meski begitu, bukan berarti sepenuhnya gak bisa dibedain.

Pada pair yang fake, spacing di antara huruf-hurufnya masih terlihat inkosisten. Kalau pada gambar di atas, coba lihat spacing pada “nikebetterworld.com”, “MADE IN VIETNAM”, UPC number, dan teks yang di-bold.

Pada pair yang original, spacingnya konsisten. Coba cek postingan sebelah (Trainers) juga deh, soalnya bisa buat tambahan referensi.

Insole

nike flyknit racer ori kw insole

Insole pada Racer fake memiliki tulisan RACING ROAD yang sepertinya pake polyflex (itu lho, seperti stiker yang kemudian dipress/disetrika) pada permukaan insole.

Sementara itu, tulisan RACING ROAD pada insole Racer yang asli teknik sablon/print yang digunakan adalah yang langsung menyatu pada kain, dalam hal ini insole tersebut.

Heel

nike flyknit racer ori kw heel

Area heel pada Racers fake punya shape yang aneh dan gak simetris. Waktu disentuh, yang fake terasa kurang kokoh.

Side profile

nike flyknit racer ori kw side

Racer yang asli punya area heel yang lebih melengkung, yang lebih bisa jelas diamati dari samping. Heel pada fake pair juga lebih tinggi daripada yang ori.

Toebox

nike flyknit racer ori kw toebox

Lubang-lubang ventilasi pada toebox jelas terlihat di real pair. Tapi tergantung juga sih dari pabrik Racers kw, karena ada juga beberapa yang lumayan jelas lubangnya.

Semoga bermanfaat ya.

P.S.
Konten ini sifatnya hanya sebagai tambahan referensi.
Jangan langsung percaya 100% sama seller maupun informasi yang kalian dapat.
Meskipun itu sesepuh, direkomendasikan influencer, reputasi bagus, nama besar.
Selalu lakukan double check. Triple check, bahkan.
DISCLAIMER ON.