Tips & trik merawat denim

0
65

Bagaimana sih cara merawat (raw) denim? Lalu jika dicuci harus menggunakan apa? Berikut sebagian tips dan trik merawat denim kesayangan dari para denimheads.

Pemakaian

Sebenernya make denim gausah banyak mikir dan kontemplasi sih IMO, ga perlu ribet, tinggal pake aja sesuka hati. Usahakan terkena panas matahari langsung biar nanti jadinya (fading) bagus.

Ada nih yang setiap habis make, dikasih bedak bayi dan parfum/pengharum pakaian di bagian dalam denim. Setelah itu juga rutin dijemur di suhu agak panas untuk mengurangi bakteri dan bau. Mau lebih profesional? Saya dulu waktu masih pake raw denim, bela-belain beli denim freshener hehe. Ini mungkin bisa saya bahas khusus ke depannya, meski udah ga pake lagi.

Kreasi fading

Kalau mau mempercantik denim kesayangan biasanya di kantong belakang dikasih dompet, logam, atau benda-benda asing lainnya. Bentuk ‘normal’ mulai bulat sampai yang lumayan ekstrim seperti knuckle knife.

Buat bagian depan celana terutama di bagian lutut biar jadinya bagus, usahakan sering duduk biar di bagian belakangnya kelipet-lipet sampai mbentuk honeycomb yang oke.

Perawatan

Terkait pencucian, biasanya sih kisaran 6-12 bulan baru dicuci pertama kali ya. Dicucinya juga gak pakai detergen. Bisa pake detergen khusus denim. Ada denimhead yang cuma ngerendam pakai cairan antiseptik. Cek juga Cara mencuci celana raw denim.

Kalau sudah mulai ada aroma tidak sedap dan gak betah, bisa juga direndam (soak) dengan tambahan pewangi pakaian.

Seawash juga bisa jadi alternatif, terutama bagi yang pengen fadingnya lebih kontras. Biasanya para denimhead melakukan seawash di pantai yang pasirnya putih dan halus. Celananya dilulurin penuh sama pasir, kemudian dibilas air laut, kemudian dilulurin lagi, dibilas lagi, secukupnya sampe bosen (?). Terakhir bisa juga dikubur di bawah pasir sekitar 15-20 menit terus dibilas lagi pake air laut. Setelah itu angkat dan jemur sampe kering.

Khusus raw denim, ada yang bilang jangan sampe kena ujan karena nanti indigonya bakal cepat lepas dan memungkinkan hasil fading kurang maksimal.

Ada lagi? Tolong ditambahkan yaa 🤙

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here