Cara agar heel patch Vans lebih awet

70

Bagaimana cara agar heel patch di sepatu (Vans/Converse) gak cepet kayak gini (ngelupas sablonannya, red)?

merawat heelpatch

Caranya, gak jauh-jauh sama postingan DIY midsole glossy, yaitu dengan diberi lapisan tambahan alias coating. Cara coating-nya juga sama aja, diolesin ke heel patch-nya. Kali ini yang bikin beda yaitu ada beberapa alternatif cairan coating-nya pakai apa. Jadi, kalian bisa pilih mau pake yang mana, sesuai selera.

Tips sebelum memulai:

Teknik pengolesan dan alat pengoles (kuas) menurut bc sangat berpengaruh dengan hasil akhir dan keawetan tutorial ini. Kalo takut-takut, konsultasikan aja dulu dengan yang udah biasa, seperti sesepuh di komunitas atau jasa pencucian/perawatan sepatu terdekat.

1Kuteks bening

Plus:

Murah. Starts from Rp4000 biasanya di toko aksesoris banyak. Di Miniso gitu-gitu ya ada kok. Kalo mau yang kualitas bagusan juga boleh, tapi tetep aja gak bakal habis ratusan ribu.

Minus:

Hasil akhir jadi glossy. Ada yang bilang setelah pengolesan malah jadi retak-retak (cracking) dan cepat ngeletek. Tapi ada juga yang ngolesin cuma pake kuteks bening, Vans-nya dibuat tempur bertahun-tahun, uppernya udah hancur, heel patch masih utuh wkwk.

Jadi kesimpulannya, tergantung kuteks dan teknik pengolesannya sepertinya.

2Pylox bening/clear

Plus:

Kabarnya lebih awet dari kuteks. Hasil akhir juga lebih bagus, sekilas mirip Anaheim punya hehe

Minus:

Masih ada yang laporan bisa cracking. Selain itu, karena pylox ini cara pengaplikasiannya dengan disemprot (spray) jadi ya kalo mau hasilnya rapi, permukaan di sekitar heel patch harus ditutupin dulu.

3Finisher

Bisa pakai leather finisher yang murah kayak yang bc pake di postingan sebelumnya. Bisa juga pake acrylic finisher seperti punya Angelus. Lebih mahal, tapi hasil bagus.

Karena bc juga pake cara ini, jadi bisa kasih testimoni langsung. Meskipun belum hitungan tahunan alias masih beberapa bulan aja, tapi masih aman. Ga ngeletek atau apapun.

4Lem FOX

Untuk yang ini belum nyoba, tapi sepertinya legit. Ada yang sharing, netizen ini sudah melapisi sejak 2015 (Vans Authentic Navy) dan masih bagus sampai sekarang heel patch-nya.

Kekurangannya, nanti kalau kena air, lapisan lem-nya jadi gak bening, melainkan warna putih susu. Solusinya sih ya diilangin terus dilapisin lagi.