adidas Skateboarding Campus ADV (Review)

206

Halo halo halo, apa kabar?

Kembali lagi bersama saya (Denan Bagus, red) di tl;dr reviews. Kali ini saya mau ngereview adidas skateboarding campus adv.

1Story

adidas campus adv merupakan variasi ke-sekian dari adidas campus untuk skateboarding (dulu ada adidas campus skate, terus campus vulc, terus campus vulc 2 adv, sekarang campus adv). Bedanya campus vulc 2 adv dan campus adv ini basenya campus 80s (campus 2 vulc adv solnya vulc tapi, bukan cupsole), sedangkan campus-campus yang lain basenya campus atau campus 2.

Sepatu ini kado ultah kawinan dari istri (hehehe) beli di adidas store Sydney (kebetulan lagi di sana). Ada 3 colorway yang keluar (burgundy, black, sky blue) dan warna yang dipilih yang sky blue karena warnanya kalem dan kalo dari ceritanya mas Bram Nein, waktu cp80s dirilis salah satu colorway awal yang keluar ya yang sky blue ini. Tambahan dari bc: di web adidas ada 4 colorway ternyata, satu lagi yaitu Solid Grey.

Trus apa bedanya ini sama campus 80s biasa? Ya bedaaaa… makanya pantengin terus review yang ga pendek-pendek amat ini (Namanya aja tl;dr review yakan)

2Upper

Material uppernya suede dengan shape campus 80s. Bedanya dengan campus 80s ada di beberapa detil:

  1. Ada jahitan tambahan di bagian depan dekat stripes, yang fungsinya (mungkin) untuk memperkuat sepatu karena itu adalah ollie area;

    adidas Skateboarding Campus ADV stitch
    detil jahitan tambahan pada ollie area
  2. Ada logo adidas skateboarding di ujung lidah, kalo biasanya cp80s lidahnya polosan atau ada bolongan consortium (untuk consortium release), di cp adv ada logo adidas skateboardingnya;adidas Skateboarding Campus ADV tongue corner
  3. Shape lidahnya sama persis cp80s, kecuali di bagian tengah lidah bahannya bukan suede tapi breathable mesh. Namanya juga sepatu skate jadi butuh breathability yang lebih;
  4. Lidahnya juga lebih well padded. Lidahnya cp80s juga padded sih, tapi padding di cp adv sedikit lebih tebal; adidas Skateboarding Campus ADV padding
  5. Ada tulisan campus adv di dekat stripesnya, biasanya kalo di cp 80s ya polosan aja;adidas Skateboarding Campus ADV typography
  6. Di bagian bawah heel tab, biasanya ada jahitan tiga garis, ini ngga ada;
  7. Terus ada heelcounter dengan bahan bounce, yang biasanya ngga ada di campus biasa.adidas Skateboarding Campus ADV heel

3Lining dan insole

mesh

Liningnya berbahan mesh dan padded. Paddingnya juga berbentuk sedemikian rupa hingga lockdownnya bagus. Kemudian, ada karet penyambung antara lidah dan bagian dalam sepatu, biar lidahnya ga lari kemana-mana (Namanya juga sepatu skate yakan).

adidas Skateboarding Campus ADV insole
insole

Insolenya berbahan sama dengan lining. Materialnya sendiri sepertinya foam bounce tipis, karena ada tulisan bounce di insolenya. Oiya, bedanya dengan adidas cp 80s, insolenya bisa dicopot. Kenapa? Karena kebutuhan skateboarder beda-beda, siapa tau ada skateboarder yang butuh insole yang lebih punya impact protection jadi bisa diganti.

4Midsole dan outsole

Seperti yang dibahas sebelumnya, sol cp adv menggunakan cupsole berbasis cp 80s. Bedanya di sini solnya lebih fleksibel daripada cp 80s. Kalo cp 80s agak kaku, sl cp adv bener-bener fleksibel, sesuai peruntukannya untuk skateboarding.

Perbedaan lagi, di outsole cp adv ada jendulan bounce yang terbuka, yang fungsinya untuk impact protection. Apakah bouncenya nyambung dari heel ke heel counter? Saya ngga tau soalnya ngga saya obrak abrik sepatunya. Tapi yang pasti memang bikin sepatu ini lebih nyaman.

Perbedaan lagi, kalau di cp 80s traction patternnya hanya herringbone, di cp adv selain ada herringbone pattern juga ada hexagonal pattern yang biasa dipake di adidas gazelle. Tujuannya mungkin selain lebih ngegrip tapi juga lebih fleksibel untuk digerak-gerakkan.

5Sizing

Sama kaya campus 80s pada umumnya, tapi agak sedikit snug di ollie area untuk mengakomodasi kebutuhan skateboarder.

6Harga

Retail price $80. Tergolong baru nih, rilis awal Oktober kemaren. Langsung aja ke adidas.com kalo mau cop 😀

7Overall

Sepatu ini seharusnya enak dipake skate (karena ini emang buat skate). Tapi karena saya ga skateboarding, jadi sepatu ini enak banget dipake sehari-hari juga. Kemaren nyoba jalan seharian enak sih, gaada foot fatigue. yang harus diwaspadai mungkin arch supportnya kalo posisinya ga pas ga nyaman.

Campus 80s juga salah satu siluet favorit saya (setelah superstar dan zx 500) jadi saya suka banget. Apa lagi ya? Ya lebih ke nilai sentimental sih. Kado ultah kawinan dari istri.

Sepatu ini joss lah pokoknya.

Tl;dr score: 10/10