Cara membedakan adidas Falcon ori & kw

Setelah Fila Disruptor 2 sudah jadi kacang goreng dan dinobatkan jadi Shoe of The Year 2018 oleh Footwear News, bukan tidak mungkin trend dad shoes masih akan berlanjut di 2019. bc pun iseng bikin postingan cara membedakan (ori vs. kw) dad shoes lain yakni adidas Falcon.

Imo, sama seperti Disruptor, cari Falcon size Mens (di atas 40) terbilang susah. Alternatifnya, coba kulik adidas Yung-1 atau Yung-96.

Kenapa adidas Falcon?

  • Karena Falcon juga ada banyak versi yang beredar di jagat maya.
  • Karena brand ambassador-nya bawa pengaruh sangat besar. Kylie Jenner. BLACKPINK. Hayoloh~

Postingan komparasi kali ini juga agak beda dari biasanya karena bc lebih banyak bersumber dari foto. Barang aslinya ada sih, cuman masih ada halangan jadi belum bisa komparasi. Semoga bisa lekas update ya.

Hal yang membedakan Falcon ori dan kw itu ga jauh beda sama ngebedain sepatu-sepatu yang lain sih… mayoritas dari harga, shape, dan detail-detail kecil pada sepatu.

Sampel yang bc bandingkan adalah Falcon kw premium dengan kisaran harga Rp500ribuan. bc sementara ini cuma punya bahan dari seller premium yang bersedia ngasih real pic.

Sedangkan untuk perbandingan originalnya bc bersumber dari foto pada web resmi dan foto on feet saat dipakai mba Kylie maupun BLACKPINK.

Perhatian: bakal banyak gambarnya nih postingan, jadi maaf kalau tidak ramah kuota, hehe.

Harga

Sebagai informasi, harga adidas Falcon BNIB resmi di adidas.co.id adalah Rp1.500.000. Harga di adidas.com $100, dan di adidas Korea KRW109.000. Jadi kalo ada seller olshop yang nawarin BNIB jauh dari harga resmi, waspadalaah… Terakhir kepo sedikit sih mayoritas malah jual di atas harga resmi.

Shape dan detail

Ini adalah hal pertama yang bc notis saat membandingkan foto Falcon ori dengan kw. Yang kw shape-nya jelek, lebih letoy dan gak jelas aja gitu. Sementara yang ori lebih firm dan enak diliat.

perbandingan: atas, Contoh shape yang kw / bawah, foto resmi dari web

upper

adidas falcon white kw upper
adidas falcon white ori upper

up view

adidas falcon white kw up
adidas falcon white ori up

ah dari bahannya aja udah beda ini 🙁

side view

adidas falcon white kw mid
adidas falcon white ori side2

midsole (side view 2)

adidas falcon white kw sideview
adidas falcon white ori side1

outsole

adidas falcon white kw outsole
adidas falcon white ori outsole

Keterangan: bc tidak mengomentari lebih lanjut soal perbandingan di atas, soalnya dapet bahan bandingan kw yang jelek. Nanti kalo ada yang bagusan aja bc update yah.

Update: nemu yang bagusan, dengan kisaran harga sama (500k-an) tapi masih tetap kw dong. Kali ini nemu yang beda colorway dengan yang di atas, nemu 4 colorway malah. Sementara bc post 2 dulu ya, karena yang 2 ini gak nemu colorway yang sama persis untuk versi originalnya… apakah???

adidas Falcon Black/White. kiri kw, kanan ori.

Untuk cw yang bw ini yang kw sudah pakai bahan yang sama, yakni suede dan mesh.

adidas falcon bw side
adidas falcon bw kw up side
mesh di toebox beda. jenis tali sepatu beda.
adidas falcon bw kw mid side
shape midsole beda
adidas falcon bw kw inmid side
collar beda
adidas falcon bw kw outsole side
wah ini sih beda jaoooh

adidas Falcon Black/Light Pink kaya yang dipake Kylie Jenner dan Jennie Kim. Untuk yang ini bc dapet versi kw yang bedanya lumayan mencolok, dibandingkan dari warna saja sudah beda.

Kylie Jenner adidas Falcon Black Pink B28126
BLACKPINK Jennie Adidas Originals Falcon

Kali ini ‘spesial’ alias yang ori fotonya pake real pic juga, tidak dari web resmi. Kredit tertera pada gambar. Seperti biasa, kiri kw, kanan ori.

adidas falcon black pink kw side
iya, maaf beda sudut pandang. tapi semoga cukup jelas ya perbedaan warna dan materialnya.
adidas falcon black pink kw mid
adidas falcon black pink kw inmid side
adidas falcon black pink kw outsole
upss warna torsion nya beda

bonus:

adidas falcon black pink

Colorway

Falcon tersedia dalam banyak colorway, puluhan kali ya. Selain kombinasi warna, juga kombinasi material. Berdasarkan pengamatan sotoy bc, beda market/negara biasanya juga beda persebaran colorway-nya. Contoh nih ini dari web adidas Korea:

adidas falcon korea

Sedangkan ini dari adidas Indo:

adidas falcon indonesia

beda (dikit) kan.

Intinya, kalo ada colorway ngaco maupun tidak sesuai origin-nya, besar kemungkinan itu kw.

Falcon BNWB

bc gak bahas yang BNWB deh, lagi sensi sama BNWB lol. Apakah di jagat maya sana masih ada BNWB adidas Falcon yang ori? Ya ada, tapi bc ga bisa kasih kepastian yang mana aja. bc cuma tau yang dijual di Indo ya cuma Falcon yang Made in Indonesia aja. Size yang beredar biasanya mulai 36 2/3 sampe 39 1/3. Kisaran harga Rp600 ribuan. Colorway yang paling banyak ada BNWB nya itu yang kayak di bawah:

Saran bc, kalau ada rejeki lebih, beli saja yang BNIB di store adidas terdekat, via online di adidas.co.id, retailer resmi (Our Daily Dose, Dope & Dapper, dll.), atau olshop jastip luar negeri (Malaysia, Singapore, Korea). Beli BNWB juga gpp tapi seperti biasa, harus teliti 10x lipat ya, minta real pic dll dan hanya beli dari seller yang jam terbangnya tinggi.

Oh ya, kalau mau lebih puas ngebandingin, di web resmi adidas itu bisa dizoom sampe gede banget sampe benang jahitan bisa kelihatan hehe.

Wejangan si mbah: Jangan percaya 100% sama seller. Meski reputasinya bagus, nama besar, maupun direkomendasikan influencer. Begitu juga jangan percaya 100% sama apa yang ada di internet, termasuk juga bootlegculture.

DISCLAIMER ON! Post ini bisa jadi merupakan salah satu informasi yang sensitif. Pastikan menyambangi laman Disclaimer terlebih dahulu sebelum membuat keributan. Trims.